Glamping seru di Situ Patenggang

Setelah tertunda sewaktu liburan sekolah anak di Desember lalu, akhirnya kami mengajak anak-anak untuk mencoba liburan yang sedang hits sekarang ini, yaitu Glamping. Ada beberapa tempat yang cukup menarik, namun kami akhirnya memutuskan untuk mencoba Glamping di Situ Patenggang, setelah jatuh hati dengan foto-foto yang kami temukan di akun instagram Glamping Lakeside Rancabali.

Kami berangkat dari Jakarta sekitar pukul 6 pagi, dan tiba di Ciwidey sekitar pukul 11 dengan sambutan hujan lebat dan kabut yang menutupi jalan.

Di Lakeside Rancabali terdapat dua tipe tenda yang bisa dipilih, yaitu Lakeside tent dengan kapasitas 4 orang dan Family Tent dengan kapasitas 8 orang. View tenda menghadap ke situ Patenggang, hanya saja untuk lakeside tent letaknya persis di pinggir danau.

image001

Karena liburan kemarin  mengajak keluarga di Bandung, kami menggunakan Family Tent yang terdiri dari dua kamar mandi, dua ruangan kamar tidur dan ruang tengah. Kamar tidurnya sendiri cukup luas, sepertinya sih bisa saja diisi lebih dari 6 orang.

Semakin malam udara semakin dingin, apalagi ketika kami berkunjung di bulan Februari hujan sepanjang hari. Anak-anak sempat ketakutan juga karena angin dan hujan kencang membuat tenda dan bahkan lantai kayunya bergetar. Anak-anak sedikit mendapatkan pengalaman “kemping” meskipun tidurnya tetap di kasur empuk 🙂

image003

Disini juga terdapat restoran yang rupanya sedang digemari anak-anak muda, karena area-nya yang instagrammable. Di siang hingga malam hari restoran ini cukup ramai, sehingga kurang nyaman untuk bersantap di sana, sehingga kami memilih untuk makan di tenda saja. Breakfast juga disajikan di restoran ini, dengan pilihan makanan yang tidak terlalu banyak, tapi kami cukup happy karena bisa makan sambil menikmati view yang sangat indah dan udara yang bersih.

Sayangnya aktivitas yang bisa dilakukan di sini sangat terbatas. Jika udara cukup cerah, kita bisa berjalan-jalan di kebun teh yang mengelilingi area penginapan, atau kita bisa menyewa perahu untuk menyebrang ke kawasan wisata Situ Patengang. Aktivitas seperti rafting dan outbond hanya disediakan untuk grup dengan minimal peserta 25 orang.

Beberapa tips jika ingin berkunjung kesana:

• Lebih baik tidak berkunjung di musim hujan, agar bisa menikmati berjalan-jalan di area situ patenggang, juga agar cuaca di malam hari lebih bersahabat
  • Jika membawa bayi/batita lebih nyaman membawa selimut tambahan, atau jaket yang bisa digunakan untuk tidur. Karena udara yang sangat dingin dan lembab, selimut dan kasur di kamar terasa dingin dan basah
  • Terdapat beberapa spot yang bisa dikunjungi di sepanjang jalan dari Bandung ke Ciwidey, seperti pemandian Cimanggu dan Ciwidey Resort Valley yang menyediakan restoran dan playground untuk anak-anak. Lebih baik jika merencanakan mampir ke beberapa tempat ini dan datang ke  penginapan agak sore hari, karena tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di area penginapan
  • Jika berencana untuk mengadakan barbeque di malam hari lebih baik membawa perangkat sendiri, karena perangkat yang dimiliki oleh penginapan jumlahnya cukup terbatas

All-in-all kami  puas menginap di Glamping Lakeside dan cukup tertarik untuk mencoba glamping di lokasi lainnya.