Memilih Sekolah Dasar

Memilih sekolah dasar merupakan salah satu aktivitas yang bikin deg-degan untuk orang tua dengan anak usia pra-sekolah. Dengan semakin mudahnya orangtua mendapatkan informasi dan ilmu tentang pendidikan anak, semakin banyak juga hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam mencari sekolah.

Sekolah dasar juga berperan besar dalam perkembangan anak, baik dari sisi karakter, kecintaan terhadap proses belajar, maupun dasar ilmu untuk di jenjang berikutnya. Sebagai orang tua tentunya kita ingin mendapatkan sekolah yang terbaik dan sesuai dengan anak kita.

Cukup banyak artikel yang bisa didapat di internet mengenai pencarian sekolah, namun berkaca pada pengalaman pribadi, berikut adalah beberapa tips yang bisa saya share

Tentukan kriteria spesifik

Tentu orang tua sudah memiliki gambaran atau harapan mengenai pendidikan  yang ingin didapatkan dari sekolah dasar. Dari gambaran ini sebisa mungkin tetapkan kriteria spesifik yang disepakati ibu dan ayah terkait dengan sekolah yang diinginkan. Berikut adalah beberapa kriteria yang mungkin akan menjadi pertimbangan

  1. Kurikulum
    Begitu banyak jenis kurikulum yang ditawarkan oleh berbagai sekolah, kurikulum internasional, nasional, nasional plus, islam terpadu, montessori, dsb. Tidak ada kurikulum yang lebih baik dari pada yang lainnya,  yang ada adalah kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang tua dan ananda kedepannya.
  2. Metode belajar
    Pastikan sekolah yang dipilih menggunakan metode belajar yang dapat mengakomodir cara belajar ananda. Sekolah alam misalnya, menurut saya sangat cocok untuk anak yang menyukai aktivitas fisik di luar kelas, dan mungkin akan kurang sesuai untuk anak yang lebih menyukai kegiatan belajar yang tenang.
    Beberapa sekolah juga menggunakan berbagai alat peraga untuk proses pembelajaran, misalkan video, film, kegiatan praktek, dsb untuk memfasilitasi kecenderungan belajar anak yang berbeda-beda.
  3. Jarak sekolah
    Jarak dan waktu tempuh ke sekolah, tersedianya fasilitas antar jemput ke rumah, transportasi umum tentu menjadi salah satu kriteria yang perlu dipertimbangkan.
  4. Fasilitas sekolah
    Fasilitas sekolah apa yang menurut ayah dan ibu perlu dimiliki oleh sekolah? setiap orangtua akan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Namun kriteria umum yang biasanya akan muncul adalah terkait kebersihan dan keamanan.
  5. Budget
    Last but not least, tentu mengenai budget. Komponen biaya sekolah yang perlu diperhatikan antara lain: uang pangkal, spp bulanan, biaya kegiatan tahunan, catering, antar jemput, uang buku dan ekstrakulikuler.

Survey

Setelah menuliskan kriteria, next step adalah mencari sekolah yang sesuai. Gali informasi melalui website sekolah, review dari orang tua lain melalui blog, forum maupun media sosial kemudian tentukan 3-5 sekolah untuk dikunjungi secara langsung.

Apa saja sih yang harus ditanyakan atau diperhatikan ketika berkunjung ke sekolah?

  1. Perhatikan bagaimana pihak sekolah menerima orang tua  yang ingin mencari infomasi terkait sekolah. Beberapa sekolah dapat dikunjungi kapan saja, boleh mengintip kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung atau menyediakan waktu open house khusus, bahkan ada juga sekolah dimana kepala sekolah nya meluangkan waktu untuk bertemu. Ada juga sekolah yang kurang terbuka, ketika saya berkunjung, petugas yang menerima hanya memberikan informasi terkait jadwal dan proses penerimaan siswa saja dan tidak menyediakan waktu untuk diskusi mengenai hal lainnya.
  2. Ajukan beberapa pertanyaan yang dapat mengkonfirmasi info yang kita dapat sebelumnya. Beberapa pertanyaan yang dapat digunakan antara lain: metode evaluasi, rasio guru dan murid, pengaturan ruang kelas, kegiatan anak di jam istirahat, kegiatan esktrakurikuler, program unggulan sekolah, jam pulang sekolah dsb.
  3. Informasi bisa didapat tidak saja dari pihak pengajar atau administrasi, bila memungkinkan cobalah bertanya kepada murid-murid, petugas kebersihan maupun satpam untuk mendapatkan gambaran lengkap mengenai sekolah tersebut.
  4. Perhatikan kebersihan toilet, area kantin dan area bermain anak. Perhatikan juga prosedur keamanan  terutama di jam pulang sekolah.
Sekolah di area saya tinggal umumnya mulai membuka open house di bulan Oktober dan November, oleh karena itu saya sengaja melakukan survey lebih cepat di bulan September agar sudah bisa memilih sekolah mana yang akan didatangi ketika open house
 
Sebisa mungkin ajak ananda untuk mengunjungi sekolah yang dipilih, sangat mungkin anak-anak memiliki persepsi sendiri mengenai sekolah apa yang disukainya dan belum terpikirkan oleh kita. 
 
Tidak ada sekolah yang akan 100% sesuai dengan harapan orang tua, karena itu tentukanlah prioritas point mana saja yang menjadi pertimbangan utama.
 
Happy school shopping mommies!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s